Jenis Perawatan Penting yang Dilakukan Pasca Melahirkan

Pasca persalinan Anda masih harus mengistirahatkan tubuh dari aktivitas yang membahayakan pemulihan rahim dan juga bagian-bagian vagina. Masa nifas merupakan masa yang perlu Anda nikmati sebagai pemulihan dan juga perawatan diri. Beberapa jenis perawatan yang perlu dilakukan pasca melahirkan.


1.      Kebutuhan Cairan yang Terpenuhi

Setelah pasca melahirkan Anda memerlukan istirahat yang sebaiknya ketika bayi tidur Anda juga ikut tidur. Saat bayi tidur, usahakan Anda juga ikut tidur. Anda harus memenuhi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi asupan cairan tambahan selama Anda dalam masa menyusui. Salah satunya dengan mengonsumsi susu khusus ibu hamil.

Kandungan nutrisi yang ada pada susu akan membantu Anda menghasilkan ASI yang berkualitas. Susu khusus ibu menyusui ini tersedia di toko perlengkapan ibu dan bayi dengan harga spesial diskon lebaran 2018. Anda bisa mendapatkan potongan harga hingga 18% dengan mengunjungi secara mudah lewat website Orami yang telah tersedia.

2.      Merawat Luka pada Bagian Tertentu

Anda perlu meminta obat-obatan dari dokter untuk bisa memulihkan luka yang terjadi pasca melahirkan dengan aman. Proses penyembuhan yang cepat akan memudahkan Anda kembali beraktivitas tanpa menimbulkan risiko.

3.      Merawat Kulit

Salah satu masalah kulit yang terjadi selama kehamilan yaitu adanya stretch mark yang sangat jelas. Anda perlu melakukan perawatan dengan memberikan lotion dan krim khusus untuk dapat memudarkan stretch mark.

Ada juga beberapa bagian di tubuh yang menghitam selama hamil seperti pada bagian puting, lipatan-lipatan, dan juga wajah. Pada puting payudara Anda perlu menggunakan krim untuk dapat mengurangi hitam. Krim juga dapat mengatasi masalah puting yang mengering sehingga tidak dapat mengurangi rasa sakit saat menyusui.

4.      Melakukan Pemeriksaan

Enam minggu setelah melahirkan Anda perlu melakukan perawatan diri dengan beberapa pemeriksaan seperti tes urine untuk memastikan tidak terjadi infeksi pada ginjal dan ginjal berfungsi dengan baik.

Pemeriksaan lain yang perlu dilakukan yaitu pada bagian jahitan. Anda perlu memastikan apakah jahitan yang dilakukan mengalami pemulihan yang lancar atau terjadi infeksi. Kemudian lakukan pemeriksaan untuk memastikan otot-otot yang mengalami perubahan waktu persalinan telah kembali pulih.

5.      Menggunakan Pakaian yang Nyaman

Perawatan yang perlu Anda lakukan dan seringnya diabaikan adalah pakaian yang digunakan pasca melahirkan. Tubuh masih dalam tahap pemulihan sehingga Anda perlu memberikan kebebasan untuk bergerak. Gunakan pakaian yang longgar dan tidak membuat sesak terutama pada bagian payudara.

Gunakan bra yang tidak membuat payudara Anda semakin sakit, sebaiknya gunakan bra khusus ibu menyusui. Pakaian dalam yang digunakan juga jangan terlalu ketat dan usahakan terbuat dari bahan yang menyerap keringat sehingga tidak membuat lembap.

Bentuk perawatan lain yang bisa Anda lakukan dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Anda masih harus memberikan nutrisi pada bayi lewat ASI terutama dalam waktu enam bulan. ASI yang berkualitas akan membuat tumbuh kembang bayi berlangsung dengan optimal.