4 Kesalahan Pilih Asuransi Online Perjalanan yang Umum Terjadi

Asuransi perjalanan saat ini mulai dilirik oleh sebagian masyarakat Indonesia yang gemar melakukan perjalanan baik di dalam ataupun luar negeri. Mereka bisa memilih asuransi online atau yang konvensional untuk dapat perlindungan dari asuransi perjalanan ini dan caranya pun makin mudah. Namun, jangan salah! Anda harus benar-benar teliti!

Pasalnya, ada banyak kesalahan umum yang biasa dilakukan saat memilih asuransi perjalanan ini. Pada akhirnya, Anda sendiri yang akan merasa dirugikan dengan kesalahan itu sendiri. Tak mau hal ini menimpa Anda, kan? Oleh sebab itu, Anda harus menghindarinya. Tapi, apa saja kesalahan umum yang dilakukan orang dalam memilih asuransi perjalanan?


1. Tidak Membaca Polis Asuransi dengan Teliti

Sudah jadi rahasia umum bahwa saat membeli sebuah asuransi, anda akan diminta membaca dan memahami semua peraturan yang telah dibuat. Biasanya, peraturan tersebut akan ada tentang hal apa saja yang di-cover oleh perusahaan. Kesalahan orang Indonesia kebanyakan adalah tidak membacanya dengan jelas dan teliti.

Ini membuat Anda bisa saja melakukan hal yang tak ada dalam kesepakatan tersebut. Misalnya saja, mereka tidak menyelam dengan instruktur dan lainnya. Bila hal ini terjadi, jangan salahkan perusahaan asuransi bila tidak mengabulkan klaim Anda. Bukankah hal ini terjadi karena kesalahan Anda sendiri?

2. Lupa Menyertakan Kondisi Kesehatan saat Pendaftaran

Kesalahan lain yang sering dilakukan adalah lupa menyertakan kondisi kesehatan saat pendaftaran asuransi. Ini memang tidak wajib dilakukan, namun bila Anda memiliki riwayat penyakit parah dan ternyata penyakit tersebut kambuh selama liburan, jangan salahkan juga pihak asuransi tidak mengabulkan klaim asuransi Anda.

Pasalnya, biasanya perusahaan asuransi tidak akan memberikan perlindungan pada nasabah yang tidak menginformasikan kondisi kesehatannya terlebih dulu saat pendaftaran. Jika hal ini terjadi, tentunya Anda harus mengeluarkan biaya medis selama masa perawatan di rumah sakit sendiri. Pihak asuransi tidak akan membantu Anda bila Anda tak menyertakannya.

3. Melanggar Ketentuan yang Ada

Kesalahan lain yang umum dilakukan oleh pemilik asuransi perjalanan adalah melanggar ketentuan yang sudah ada. Misalnya saja, minum alkohol dan sejenisnya. Setiap asuransi baik itu asuransi online atau yang konvensional biasanya tak akan berkompromi oleh tindakan yang melanggar hukum, termasuk untuk urusan minum alkohol dan tindakan buruk lain.

Pihak asuransi tidak akan memberikan perlindungan pada Anda sebagai konsekuensi tindakan di luar kesepakatan. Apalagi, minum alkohol di masa liburan terlebih saat berkendara punya risiko lebih tinggi. Pihak aksesor biasanya akan menerapakn uji kelayakan terlebih dulu bila terjadi kecelakaan yang ditengarai berhubungan dengan alkohol.

4. Asal-asalan dalam Memilih Produk

Kesalahan lain yang biasanya dilakukan saat memilih asuransi adalah asal-asalan dalam memilih produk. Anda sama sekali tak mempertimbangkan kebutuhan dan perlindungan yang disediakan. Jika nanti Anda mengalami kesulitan saat melakukan klaim, atau kecelakaan yang Anda alami ternyata tak di-cover oleh pihak asuransi.

Jika hal ini terjadi, barulah nantinya nasabah akan menyesali keadaannya dan betul-betul paham bagaimana perlindungan yang diberikan. Dengan ini, sama saja mereka menghabiskan banyak uang untuk perlindungan yang sia-sia.

Sekarang, setelah mengetahui apa  saja kesalahan umum yang biasa dilakukan orang dalam membeli asuransi, Anda harus bisa menghindarinya, ya! Anda memang bisa beli asuransi online atau konvensional dengan mudah. Tapi, sebisa mungkin jangan lagi lakukan kesalahan di atas bila tak ingin Anda membuang dana hanya untuk hal yang percuma.